Rabu, 20 Juni 2012

Resensi buku Khadijah Al-kubra

oleh; Ida Widiyawati dan Epi Mulya Siswi kelas VIII B

Judul buku: Khadijah Al-kubra
Penulis: Imam Budi Santosa
Penerbit: Pustaka Insan Madani
Tahun Terbit: 2007
                 
Buku ini menceritakan tentang seorang ibu yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. Beliau bernama Khadijah Al- Kubra. Beliau mempunyai dua anak dan suaminya telah wafat. Kemudian beliau memutuskan untuk menjanda, sejak saat itulah masyarakat quraisy menjulukinya Thahirah(perempuansuci). Sampai akhirnya beliau menikah dengan seorang laki-laki yang bernama Muhammad. Muhammad adalah seorang pemuda yang tampan, baik dan juga dapat dipercaya. Dan dia juga seorang nabi dan
rasul. khadijah memiliki kelebihan dalam berbisnis meskipun kehidupan beliau sudah kaya, tetapi beliau tetap anggun, ramah, sopan, dan juga suka menolong, kedermawanya pun tidak lantas surut dan tidak sombong. Setelah tiga tahun menikah dengan Muhammad lahirlah anak pertama yang bernama Qasim, sampai akhir hayatnya khadijah menghadiahkan enam anak kepada suaminya, perempuanya empat dan laki-lakinya dua, yang perempuan bernama Zainab, Ruqayyah, Ummukultsum dan Fatimah. selain Qasim yang laki-laki adalah Abdullah keduanya meninggal saat masih kecil. Setelah anak-anak beliau beranjak dewasa Zainab menikah dengan AbbulAsh, Ruqayyah menikah dengan Usman bin Affan, Ummu Kultsum menikah dengan Usman dan pada usia enem puluh dua tahun kondisi Khadijah semakin melemah dan akhirnya khadijah wafat.Perjuangan khadijah layak menjadi teladan bagi setiap muslim Rasulullah saw pernah bersabda 'Khadijah beriman kepadaku ketika orang-orang ingkar dia membenarkanku, ketika orang-orang berdusta dia juga menolongku dengan hartanya ketika orang-orang tidak memberiku apa-apa maka dari itu Allah swt, membalas jasa khadijah dengan sebaik-baiknya.
Buku ini asik dibaca, dan dapat memberi contoh untuk umat islam dalam berprilaku, dan tampilan bukunya menarik.Hanya saja bukunya sudah kusam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar